PELAJARAN BERHARGA DARI PP MUHAMMADIYAH DAN PDM KARANGANYAR

Tidak berlebihan dan sangat pantas PDM Kota Tasikmalaya melakukan pencerahan pimpinan ke PP Muhammadiyah Pusat di Yogyakarta dan ke PDM Kabupaten Karanganyar Solo Jawa Tengah pada tanggal 16-17 Desember 2011. Di Kantor PP Muhammadiyah Pusat, rombongan PDM Kota Tasikmalaya yang berjumlah 50 orang diterima langsung oleh Ketua Majelis Dikti, Dr. H. Chairil Anwar di Aula Lantai 3 Kantor PP Muhammadiyah.
Dalam pidato pencerahannya, Dr. H. Chairil Anwar menyatakan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta itu tidak terlepas dari tiga komponen penting, yaitu Keraton, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Persyarikatan Muhammadiyah. Warga Muhammadiyah harus menghindari penyakit Alinasi, yaitu penyakit mental yang hanya ingin hidup sendiri tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Hidupnya individualis, tidak punya kepekaan dan kepedulian pada orang lain.
Warga Muhammadiyah hendaknya memperhatikan tiga pilar penting dalam persyarikatan, yaitu pendidikan, kesehatan, dan sosial. Ketiga pilar itulah yang menyebabkan Muhammadiyah bisa eksis dan berkembang pesat dari sejak berdirinya sampai sekarang. Para pengurus amal usaha Muhammadiyah mesti menganggap amal usaha sebagai milik persyarikatan, bukan sebagai milik pribadi. Setiap amal usaha wajib diaudit sebagai upaya mempertanggungjawabkan amanah yang diembannya.
Sebagai upaya melahirkan kader-kader persyarikatan yang handal, sampai sekarang Muhammadiyah telah mendirikan dan mempunyai 157 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia. Dr. H. Chairil Anwar menyambut baik dan mendukung secara penuh atas rencana pengembangan STIKES Muhammadiyah Tasikmalaya menjadi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS). Beliau berharap, semoga pada tahun 2012, rencana itu bisa terwujud, dan perkembangan Muhammadiyah Kota Tasikmalaya semakin maju dan pesat.
Setelah dari PP Muhammadiyah, perjalanan dilanjutkan menuju Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar Solo Jawa Tengah. Sambutan yang hangat dan luar biasa mereka lakukan ketika menyambut kedatangan rombongan PDM Kota Tasikmalaya di Komplek Pesantren Darul Arqam Karanganyar dan di tempat-tempat amal usaha yang lainnya. Mereka melayani rombongan PDM Kota Tasikmalaya dengan tempat yang sangat representatif, konsumsi snack dan makan yang komplit, keramahan, kebersahajaan, dan penjelasan yang terperinci tentang perkembangan PDM Karanganyar. Tak lupa mereka memberikan kenang-kenangan berupa cendera mata, dokumentasi dalam bentuk vcd, buku-buku, program-program, dan lain-lain. Sebuah sambutan yang tidak terkira sebelumnya oleh rombongan PDM Kota Tasikmalaya. Jazaakumullaahu Khairan Katsiiran.
Pada pagi sampai siang hari tgl 17 Desember 2011, rombongan PDM Kota Tasikmalaya diajak berkeliling mengunjungi berbagai amal usaha Muhammadiyah PDM Karanganyar, dengan dipandu oleh Sekretaris Majelis Tablig PDM Karanganyar. Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain: Panti Asuhan Putra dan Putri, KSU Sinar Mentari, SMK Muhammadiyah 1 dan 2, SMA Muhammadiyah, MI Muhammadiyah, dan berakhir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.
Keberhasilan PDM Karanganyar dalam mengembangkan persyarikatan Muhammadiyah tidak terlepas dari adanya kebersamaan dan kekompakan semua warga Muhammadiyah dalam memajukan persyarikatan, mulai dari pengurus PDM, PCM, PRM, pimpinan amal usaha, sampai pada warga Muhammadiyah pada umumnya. Melalui kerjasama yang erat dan kuat serta tekad yang keras, PDM Karanganyar telah membuktikan diri menjadi PDM yang kreatif, produktif, dan inovatif. Sampai saat ini saja, dalam bidang pendidikan, PDM Karanganyar mempunyai 28 PAUD Non Formal, 80 PAUD Formal, 26 SD/MI, 17 SMP/MTs, 9 SMA/SMK, 3 buah Pondok Pesantren, dan menjadi tempat Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Solo. Sementara dalam bidang ekonomi, terdapat amal usaha KSU Sinar Mentari, SPBU, dan Mini Market. Dalam bidang sosial, mereka mempunyai Panti Asuhan Putra dan Putri serta pelayanan perawatan jenazah. Di bidang kesehatan, PDM Karanganyar mempunyai amal usaha yang strategis, yakni Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.
Adapun untuk mengembangkan potensi zakat dan infaqnya, mereka mempunyai Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah LAZISMU. Kesemua amal usaha tersebar di 17 kecamatan atau PCM. Pada tahun 2012 PDM Karanganyar berencana akan membangun sebuah gedung megah, Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Karanganyar. Sebuah keberhasilan yang luar biasa dan wajib ditiru oleh PDM Kota Tasikmalaya.
Selamat tinggal PDM Karanganyar, terima kasih atas kesediaannya menjadi tempat kunjungan kami, terima kasih pula atas sambutannya, semoga ‘virus’ keberhasilan PDM Karanganyar cepat menyebar ke Kota Tasikmalaya. Amin.

2 thoughts on “PELAJARAN BERHARGA DARI PP MUHAMMADIYAH DAN PDM KARANGANYAR

  1. assalamualaikum ustadzz, ini irfan ansori anak QA murid ustadz dulu, ustadz ana padahal sekarang ada di solo, ana dapet beasiswa kader tk nasional muhammadiyah di UMS.. (pondok hajjah nuriyah shabran) tepatnya di UMS dekat dengan karang anyar, dan PDM karang anyar kan kebanyakan alumni pendidikan kader di UMS, tapi ana gak tau ustadz pergi ke karang anyar tanggal 20 desember itu, kalo tahu ana pengen ketemu sama PDM PDM tasikmalaya..

  2. Alhamdulilah anakku irfan, kau sekarang di UMS beasiswa kader tk nasional Muhammadiyah, saya dan warga rawa lainnya pasti bangga punya kader sekaliber irfan yang cerdas, maaf saat itu saya belum tau irfan ada di UMS, kalo tau no hpnya pasti saya kontak….saya berharap irfan sungguh-sungguh menimba ilmu di UMS, jadi mahasiswa yang lancar dan sukses, saya yakin irfan bisa buktikan itu, selamat menuntut ilmu…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s