CIRI-CIRI PENGHUNI SURGA (DIMUAT DI BULETIN MASJID AGUNG KOTA TASIKMALAYA, EDISI JUM’AT 12 APRIL 2013)

Penulis:

Ilam Maolani

Ada beberapa nama surga yang disebutkan dalam Al-Qur’an, yaitu Firdaus, ‘Adn, Na’im, Ma’wa, Darussalam dan Khuldi. Ciri-ciri orang yang akan menghuni Surga Firdaus difirmankan Allah swt. dalam Surat Al-Mu’minun ayat 1-11: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; Maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barangsiapa mencari yang di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas, dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.
Berdasarkan ayat-ayat di atas, apabila kita menginginkan menjadi penghuni surga Firdaus, maka ada delapan syarat yang harus dipenuhi, antara lain: beriman, khusu’ dalam shalat, menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna, menunaikan zakat, menjaga kemaluan dari maksiat, memelihara amanah, menepati janji, dan menjaga shalat.
Sedangkan untuk Surga ‘Adn, ciri-ciri penghuninya adalah seperti yang difirmankan Allah swt. dalam surat An-Nahl ayat 30-31, Thaha ayat 75-76, Ar-Ra’ad ayat 22-23, dan Fathir ayat 32-33. “Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?” mereka menjawab: “(Allah telah menurunkan) kebaikan”. orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. dan Sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan Itulah Sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa, (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa.” (An-Nahl: 30-31). “Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia), (yaitu) surga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya, dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (Thaha: 75-76). “Kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang Menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang amat besar, (bagi mereka) surga ‘Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera.” (Fathir: 32-33). “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang Itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.” (Ar-Ra’ad: 22-23).
Bertitik tolak dari ayat-ayat di atas, terdapat tujuh syarat jika kita ingin memasuki surga ‘Adn, antara lain: bertakwa kepada Allah, benar-benar beriman, beramal saleh, banyak berbuat baik, sabar, menginfakkan hartanya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan.
Surga Na’im, diperuntukkan bagi orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah dan beramal saleh, seperti dalam surat Al-Qalam ayat 34 (Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa disediakan surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya), Luqman ayat 8 (Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan), Yunus ayat 9 (Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai- sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan), dan Al-Hajj ayat 56 (Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam surga yang penuh kenikmatan).
Surga Ma’wa merupakan tempat bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah (An-Najm ayat 15: “Di dekatnya ada surga tempat tinggal), beramal saleh (As-Sajdah ayat 19: “Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan), serta takut kepada kebesaran Allah dan menahan hawa nafsunya (An-Naziat ayat 40-41: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka Sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya).
Penghuni Surga Darussalam adalah orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah, serta beramal Saleh, seperti yang difirmankan Allah swt. dalam Surat Al-An’am ayat 127: “Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.”
Penghuni Surga Khuldi adalah orang-orang yang taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya (bertakwa), seperti dalam Surat Al-Furqon ayat 15: “Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?”.

2 thoughts on “CIRI-CIRI PENGHUNI SURGA (DIMUAT DI BULETIN MASJID AGUNG KOTA TASIKMALAYA, EDISI JUM’AT 12 APRIL 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s